Jurus dasar adalah tatagerak dasar yang berbentuk lontaran, berlintasan,serta bertumpu pada kecepatan, ketepatan, dan kekuatan. Jurus dasar dikelompokkan atas dasar bagian anggota tubuh yang digunakan sebagai alat penyasar. Bentuk-bentuk jurus dasar dibedakan atas dasar penggunaannya adalah sebagai berikut:

       Alat penyasar     = adalah anggota tubuh yang digunakan untuk menyerang atau menangkis.

       Lintasan             = adalah garis yang dilalui oleh alat penyasar, bisa lurus, lingkar, atau gabungan lurus-   lingkar.

       Arah                   = adalah letak titik sasaran terhadap titik awal lintasan.

       Pelaksanaan       = adalah cara melontarkan alat penyasar.

       Teknik kegunaan = gerak yang tepat menuju sasaran.



Pada umumnya, jurus dasar di Tapak Suci mengambil dari nama-nama flora dan fauna. Hal ini dimaksudkan agar mudah untuk dihafal.



Bunga Mawar Mekar 

Alat penyasar adalah punggung telapak tangan dengan bentuk tangan tiga jari melengkung, telunjuk lurus, ibu jari melengkung renggang. Lintasan lurus dalam keluar bawah.Teknik kegunaan adalah tangkisan


Bunga Mawar Layu 

Alat penyasar adalah telapak tangan dalam dengan bentuk tangan tiga jari melengkung, telunjuk lurus, ibu jari melengkung renggang. Lintasan lurus dalam ke dalam bawah.Teknik kegunaan adalah tangkisan.


Katak Melempar Tubuh 

Alat penyasar adalah pangkal jari tengah dan telunjuk pada permukaan tangan mengepal. Lintasan lurus ke tengah.Teknik kegunaan adalah serangan (pukulan).


Naga Terbang 

Alat penyasar adalah sisi telapak tangan luar bagian dalam, empat jari terbuka rapat, ibu jari ditekuk. Lintasan keluar datar.Teknik kegunaan adalah serangan (pukulan).


Tandukan Lembu Jantan

Alat penyasar adalah seluruh permukaan siku. Lintasan lingkar ke dalam datar. Kegunaan adalah serangan (sikutan).


Harimau Membuka Jalan

Alat penyasar adalah tumit kaki bagian dalam, kelima jari menekuk ke atas. Lintasan lingkaran ke dalam lurus.Teknik kegunaan adalah serangan (tendangan).


Ikan Terbang Menjulang ke Angkasa

Alat penyasar adalah ujung telapak kaki, kelima jari membentuk sudut ke atas. Lintasan lurus ke depan tengah.Teknik kegunaan adalah serangan (tendangan).

Ikan Terbang Menggoyang Sirip

Alat penyasar adalah punggung kaki pada kelima jari kaki rapat melengkung ke dalam. Lintasan lingkar ke dalam datar. Teknik kegunaan adalah serangan (tendangan).


Tangkai Mawar Tertiup Angin

Adalah salah satu jenis hindaran untuk melepaskan diri tanpa memindah lintasan serangan.

Hindaran setengah badan dengan meliukkan pinggang keluar . Hindaran setengah badan dengan meliukkan pinggang ke dalam.

3 komentar:

  1. :shock: :lol: :roll:

    BalasHapus
  2. bagus bgt aku suka bgt :razz: :mrgreen:

    BalasHapus
  3. :razz: aku suka dengan tapak suci muhammadiyah

    BalasHapus

untuk ingin mengetahui lebih detail informasi tentang Tapak suci UMY baik mengenai cara bergabung di UKM, jadwal latihan dan kegiatan tapak suci UMY. silahkan menghubungi 081228023282 A/N Addin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Total Kunjungan

buku tamu

Arsip Blog

Follow by Email